Negara Kesatuan Republik Indonesia
Negara Kesatuan Republik Indonesia السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ: Tiga Negara Belajar Atasi Banjir di Jakarta

Jumat, 09 Desember 2011

Tiga Negara Belajar Atasi Banjir di Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklaim beberapa negara asing datang ke ibukota untuk secara khusus belajar tentang penanganan bencana banjir. Ketiga negara tersebut adalah Thailand, Pakistan dan Iran.
Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum DKI, Tarjuki, mengatakan utusan dari tiga negara tersebut menyambangi kantor Dinas Pekerjaan Umum DKI untuk mencari tahu cara dan metode teknis yang dilakukan DKI Jakarta untuk mengurangi banjir.
"Tiga negara ini ingin belajar penanganan banjir dari Jakarta karena melihat tayangan dari National Geographic tentang upaya-upaya yang dilakukan Pemprov dalam mengurangi banjir di Jakarta. Mereka tertarik untuk menerapkannya di negaranya,” ujar Tarjuki, dalam acara diseminasi akhir tahun Pemprov DKI di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 10 Desember 2011.
Topik yang paling menarik bagi utusan ketiga negara ini, lanjutnya, adalah bagaimana caranya Kota Jakarta bisa menangani banjir, sehingga bencana banjir besar di tahun 2007 tidak terulang lagi. Padahal Thailand, sudah memiliki sungai yang lebar sehingga mampu menampung kapasitas air hujan tinggi, ternyata bisa mengalami banjir hampir sebulan. Hal yang sama juga terjadi di Pakistan dan Iran.
“Mereka datang setelah pertemuan ASEAN Summit di Bali. Sebenarnya mereka wartawan dari tiga negera tersebut. Jadi, diutus oleh pemerintah negara mereka untuk berkunjung ke Jakarta melakukan wawancara terkait upaya penanganan banjir di Jakarta yang dinilai cukup berhasil,” kata dia.
Setelah melakukan wawancara, mereka mengunjungi pengerjaan gorong-gorong yang sedang dilakukan Dinas PU DKI, khususnya di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. "Bahkan mereka mau turun melihat gorong-gorong yang sedang dikerjakan dengan tinggi 1,5 meter," tuturnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar